Pemain-Pemain yang Sukses Jadi Kiper Dadakan

LigaBola1.com – Bek Manchester City, Kyle Walker, terpaksa menjadi kiper dadakan saat pertandingan melawan Atalanta pada laga Grup C Liga Champions di San Siro, Kamis (7/11/2019) dini hari WIB. Ternyata tak hanya Walker yang gemilang menjadi kiper dadakan. Berikut pemain-Pemain yang sukses jadi kiper dadakan.

Baca juga : City Belum Bisa Menaklukkan Keangkeran Anfield

Pemain-Pemain yang Sukses Jadi Kiper Dadakan

Kyle Walker terpaksa menjadi kiper dadakan setelah City harus kehilangan 2 penjaga gawang utama. Pada laga kontra Atalanta itu, Ederson Moraes didapuk menjadi starter. Namun pada menit ke-46 Moraes harus digantikan Claudio Bravo karena cedera. Na’asnya, di menit ke-81 Bravo diganjar kartu merah karena melakukan pelanggaran kepada Josip Ilicic di luar kotak pinalti.

Kehilangan dua kiper utama membuat Walker maju sebagai kiper. Bermain 10 menit sebagai kiper, Walker tampil brilian. Dia berhasil menyelamatkan gawang City saat Atalanta melancarkan tendangan bebas.

Berikut pemain lain yang tampil gemilang menjadi kiper dadakan.

John O’Shea

John O’Shea menjadi kiper dadakan saat Manchester United menghadapi Tottenham Hotspur pada Premier League 2007-2008. Saat itu ia menggantikan kiper Edwin Van Der Sar yang mengalami cedera.

Bermain sebagai kiper selama 5 menit, O’Shea tampil brilian karena mampu menjaga gawang MU dari kebobolan.

Filipe Melo

Filipe Melo ditunjuk menjadi kiper dadakan saat membela klub Galatasaray pada 2012. Saat itu Melo berstatus sebagai pemain pinjaman dari Juventus. Pada laga Galatasaray melawan Elazigspor, sang kiper Fernando Muslera diganjar kartu merah. Melo pun didapuk untuk mengisi posisi kiper. Pria berpaspor Brasil itu berhasil tampil cemerlang kala mengamankan gawang dari tendangan pinalti Goksu Turkdogan.

Jan Koller

Pada musim 2002/2003 silam, Jan Koller mendapat predikat sebagai ‘kiper of the week’ Bundesliga. Penghargaan tersebut dia raih setelah menjadi kiper dadakan Borrusia Dortmund.

Koller ditunjuk menjadi kiper dadakan saat kiper utama Dortmund, Jens Lehman diganjar kartu merah. Saat itu Dortmund menghadapi musuh bebuyutannya Bayern Munchen. Hebatnya, saat dia menjadi kiper tak satu pun gol yang bisa menjebol gawang Dortmund. Sayang, Dortmund kalah 1-2 dari Bayern Munchen di pertandingan tersebut.

Dimas Drajat

Ternyata yang bisa tampil gemilang saat jadi kiper dadakan tak hanya pemain luar saja. Pemain Indonesia Dimas Drajat terpaksa menjadi kiper dadakan saat laga Indonesia melawan Brunai pada kualifikasi U-23 Piala AFC 2020 Grup K.

Dimas menggantikan kiper Timnas Indonesia, Muhammad Riyandi yang terkena kartu merah. Saat pertandingan memasuki injury time, wasit menunjuk titik putih untuk Brunei. Dimas Drajat pun tampil gemilang dengan penepis tendangan penalti tersebut untuk mengamankan keunggulan Timnas Indonesia.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/5/2019) berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Timnas Indonesia.

Rio Ferdinand

Rio Ferdinand juga pernah menjadi kiper dadakan Manchester United kala melawan Portmouth di gelaran Piala FA 2008 silam. Naluri bertahannya sebagai pemain belakang dapat diandalkan dalam situasi mendesak di posisi kiper. Saat itu kiper utama MU Tomasz Kusczak menerima kartu merah. Dan Sir Alex Ferguson tak lagi bisa memasukkan pemain pengganti.

Sayang, kala itu MU kalah 0-1 berkat gol penalti yang dicetak pemain Portmouth Sulley Muntari.

Phil Jagielka

Dalam kasus ini ada pembelajaran tersendiri yaitu jangan lupa apalagi tidak memasukkan kiper kedua dalam daftar susunan pemain. Neil Warnock, manajer Sheffield kala itu, merasakan langsung konsekuensi dari keputusannya itu saat melawan Arsenal pada 2006 di Premier League.

Kiper utama Sheffield, Paddy Kenny terkena cedera. Selama 30 menit, Phil Jagielka yang posisinya sebagai bek tengah ditunjuk sebagai menjadi kiper. Beruntung gawang yang dijaganya tidak kebobolan gol dan Sheffield menang 1-0.

Dani Alves

Dani Alves tercatat sebagai salah satu bek kanan terbaik dunia yang bergelimang trofi dan kesuksesan. Alves menambah catatan dalam kariernya itu sebagai kiper ketika memperkuat PSG dan bermain di ajang Piala Prancis 2017-2018.

Kiper utama Paris St. Germain, Kevin Trapp menerima kartu merah usai melanggar pemain Sochaux, Thomas Robinet. Dan Alves pun ditunjuk menjadi kiper di penghujung laga pada pertandingan yang sudah dimenangi PSG dengan skor 4-1.

Harry Kane

Harry Kane juga pernah menjadi kiper dadakan pada musim 2014-2015 di ajang Liga Europa melawan Asteras Tripoli. Di laga ini Kane benar-benar sibuk. Tidak hanya menorehkan hat-trick, Kane juga menjadi kiper dadakan.

Pada menit ke-86 sang kiper utama, Hugo Lloris menerima kartu merah dan Kane langsung jadi kiper karena slot tiga pergantian pemain telah digunakan. Tentu saja Spurs tetap memenangi pertandingan tersebut.

John Terry

Pada 2006 silam, dua kiper andalan Chelsea yakni Petr Cech dan Carlo Cudicini, cedera kala berhadapan melawan Reading. Sang manager Jose Mourinho tak punya opsi kiper lagi dan slot pergantian pemain telah berakhir. Mau tak mau The Special One memilih salah satu pemain oufield untuk jadi kiper.

Hasilnya, kapten Chelsea, John Terry, ditunjuk jadi kiper dadakan dan dituntut untuk menjaga fokus karena determinasi bermain Reading. Beruntung bagi Chelsea, laga berakhir 1-0 untuk kemenangan The Blues.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan