Profil Singkat Shin Tae-Yong Calon Pelatih Timnas Indonesia

LigaBola1.com – Teka-teki mengenai siapa yang akan ditunjuk PSSI sebagai calon pelatih Timnas Indonesia menggantikan Simon McMenemy terjawab sudah. Shin Tae-Yong telah melakukan kesepakatan untuk menangani Timnas Indonesia. Berikut Profil singkat Shin Tae-Yong calon pelatih Timnas Indonesia.

Baca juga : Jika Luis Milla Melatih Timnas Indonesia, Harus Penuhi Empat Syarat PSSI Ini !

Profil Singkat Shin Tae-Yong Calon Pelatih Timnas Indonesia

Shin Tae-yong masuk bursa sebagai kandidat pelatih Timnas, bersama Luis Milla. Pelatih berusia 49 tahun itu juga telah memaparkan programnya ke PSSI di Kuala Lumpur bulan November 2019 lalu.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, menyatakan PSSI telah mencapai kesepakatan dengan Shin Tae-yong untuk menjadi pelatih baru skuat Garuda dan kontraknya bakal ditandatangani 26 Desember pekan depan.

Lebih Milih Indonesia Daripada China

Hal itu diakui Tae-yong kepada media Korea Selatan, Yonhap News Agency Senin (23/12/2019). Ia mengaku finalisasi kontraknya bersama Timnas Indonesia segera dilakukan sebelum tutup tahun ini. Shin mengatakan

“Kami belum menandatangani kontrak. Kami akan pergi ke Indonesia tanggal 26 ini untuk meneken kontrak.”

“Klub China sudah menawarkan kontrak kepada saya di hadapan pelatih yang ada. Saya tolak karena tak tertarik ke sana dan memilih ke Indonesia.” 

“Kursi pelatih Indonesia cukup panas, namun ini waktunya untuk bekerja. Kami berada pada tahap akhir negosiasi. Ini adalah langkah terakhir.”

Karier Sebagai Pemain

Mengutip data Transfermarkt, Tae-yong pernah aktif sebagai pemain sepakbola profesional. Dia menjalani kariernya di klub Seongnam Ilhwa (kini bernama Seongnam FC) sejak tahun 1992 hingga 2005. Kemudian pria kelahiran Yeongdeok, Korea Selatan itu pindah ke klub Australia, Queensland Roar (kini menjadi Brisbane Roar), dan memutuskan untuk pensiun di sana.

Karier Sebagai Pelatih

Setelah memutuskan untuk gantung sepatu, pelatih kelahiran 1970 itu sempat menjadi asisten pelatih di Queensland Roar dari 2005-2008. Di tahun 2010, Tae-yong memutuskan untuk pulang kampung dan menjadi manager Seongnam Ilhwa.

Di debut karier sebagai manager tim, prestasi Tae-yong cukup moncer disini. Bersama klub berjuluk The Magpies itu, ia berhasil mempersembahkan Liga Champions Asia di tahun 2010. Setahun berikutnya, ia membawa Seongnam menjadi kampiun Piala Korea.

Di tahun 2014, Tae-yong ditarik menjadi pelatih timnas Korea Selatan U-23. Di tahun yang sama ia dipilih menjadi pelatih interim timnas senior, hingga kemudian Uli Stielike ditunjuk menduduki kursi pelatih kepala Taeguk Warriors (julukan Timnas Korea Selatan).

Tiga tahun kemudian, Tae-yong ditunjuk untuk menggantikan Uli Stielike sebagai pelatih Timnas senior. Dia sukses membawa tim Taeguk Warriors lolos ke Piala Dunia 2018 dan tampil di fase grup. Meski tim asuhan tak lolos ke fase berikutnya, namun hebatnya, tim Negeri Ginseng itu membuat kejutan dengan mengalahkan tim kuat Jerman 2-0.

Tae-yong melepaskan jabatannya sebagai pelatih Korea Selatan seusai Piala Dunia 2018. Setelah satu tahun tidak menangani tim mana pun, di akhir tahun 2019 ini dia bakal menjadi pelatih baru Timnas Indonesia.

Profil Shin Tae-yong

Karier Pemain
1992-2005 : Seoungnam Ilhwa
2005: Queensland Roar

Karier Kepelatihan
2005-2008: Queensland Roar (asisten manajer)
2010-2012: Seoungnam Ilhwa
2014: Korea Selatan (pelatih interim)
2014-2016: Korea Selatan U-23
2016-2017: Korea Selatan U-20
2017-2018: Korea Selatan

Be the first to comment

Leave a Reply