Alasan Erling Haaland Lebih Pilih Borussia Dortmund Daripada MU

LigaBola1.com – Erling Haaland akhirnya tetap memutuskan untuk hengkang dari Red Bull Salzburg. Striker berusia 19 tahun tersebut memilih bergabung dengan klub Jerman, Borussia Dortmund. Alasan Erling Haaland lebih pilih Borussia Dortmund daripada MU.

Baca juga : Juventus Klub Pertama yang Ajukan Penawaran ke Erling Haaland

Alasan Erling Haaland Lebih Pilih Borussia Dortmund Daripada MU

Berita ini tentu mengejutkan, mengingat selama ini Haaland kerap dikaitkan dengan Manchester United. MU yang sedang berbenah untuk memperkuat skuadnya ini dikabarkan getol memburu Haaland. Meski Juventus juga serius melakukan penawaran namun akhirnya Haaland memutuskan untuk melanjutkan kariernya bersama Borussia Dortmund.

Nilai Kontrak Fantastis

Erling Haaland resmi bergabung dengan raksasa Jerman ini dengan durasi kontrak selama 4 tahun yakni hingga 2024 mendatang. Borussia Dortmund harus menebus mahar sebesar 22 juta euro (Rp 341,7 miliar) untuk merekrutnya.

Namun sebuah media Jerman yakni Bild mengungkap fakta yang mengejutkan. Ternyata, Borussia Dortmund harus merogoh kocek yang sangat dalam untuk bisa memboyong Haaland ke Signal Iduna Park.

Bild mengungkap, jika ternyata Dortmund juga harus memberikan uang ke rekening sang agen, Mino Raiola. Pria berpaspor Italia itu mendapatkan uang yang tak sedikit dari hasil transfer ini yakni sebanyak 15 juta euro (Rp 233 miliar).

Tak hanya itu, Borussia Dortmund juga harus mengeluarkan uang tambahan hingga 8 juta euro (Rp 124 miliar) kepada Red Bull Salzburg agar Haaland bisa membubuhkan tanda tangannya. Artinya, Salzburg mendapatkan uang dengan total sebanyak 30 juta euro (Rp 466 miliar) dari Dortmund.

Agar sukses menggaet Erling Haaland, Dortmund tentu harus menawarkan gaji tinggi. Striker asal Norwegia itu mendapatkan bayaran 8 juta euro per tahun. Jika ditotal, Haaland akan mengantongi 36 juta euro (Rp 559,5 miliar) selama 4 tahun membela Dortmund. Besaran gaji inilah yang membuat Juventus mundur alon-alon dalam usahanya merekrut Haaland.

Dengan rincian tersebut, Dortmund total harus mengeluarkan uang sebanyak 81 juta euro (Rp 1,2 triliun) untuk memboyong Haaland.

Alasan Haaland Pilih Borussia Dortmund

Borussia Dortmund sukses menelikung Manchester United pada saat-saat terakhir menjelang bursa transfer musim dingin resmi dibuka. Setan Merah harus gigit jari karena gagal merekrut pemain incarannya ini. 

Usai menandatangani kontrak, Haaland mengungkapkan bahwa pendekatan intensif Dortmund lah yang membuat dia mau menolak pinangan klub lain.

“Saya melakukan diskusi secara intensif dengan manajemen klub. Saya berbicara langsung dengan Hans-Joachim Watzke, Michael Zorc, dan pelatih Lucien Favre.” 

“Saya sudah yakin sejak awal negosiasi dan saya bulatkan tekad untuk bermain di depan lebih dari 80.000 suporter Dortmund.” 

Be the first to comment

Leave a Reply