Guardiola : Formasi Tiga Bek Atasi Badai Cedera di Tubuh Manchester City

LigaBola1.com – Badai cedera menerpa beberapa pemain Manchester City. Hal ini tentu bikin pusing sang manager Pep Guardiola. Pelatih 48 tahun itu diharuskan putar otak untuk mengatasi masalah ini. Guardiola : Formasi tiga bek atasi badai cedera di tubuh Manchester City.

Baca juga : Guardiola Mau Memperpanjang Kontrak di Manchester City, Ini Syaratnya !

Guardiola : Formasi Tiga Bek Atasi Badai Cedera di Tubuh Manchester City

Sebelum badai cedera datang menerjang, Guardiola selalu mengandalkan formasi empat bek sejajar. Namun setelah John Stones dan Aymeric Laporte juga dibekap cedera, mau tidak mau Guardiola harus mengganti formasi favoritnya tersebut.

Taktik dengan formasi tiga bek pun dipilihnya. Dalam laga menghadapi Everton di Etihad Stadium, Kamis (2/1/2020) dini hari WIB, Guardiola bereksperimen dengan memainkan formasi 3-4-2-1. Ia menyulap Fernandinho dan Rodri sebagai bek tengah untuk mendampingi pemain muda, Eric Garcia.

Saat bertahan, City bisa berubah bermain dengan lima pemain bertahan. Pasalnya ketiga bek tengah tersebut akan di apit oleh Benjamin Mendy dan Joao Cancelo yang berperan sebagai wing-back.

Formasi dadakan Guardiola ini berbuah sukses. The Citizens menang 2-1 atas Everton berkat dua gol yang dicetak Gabriel Jesus, sementara Everton membalas lewat gol tunggal yang dilesakkan Richarlison.

Taktik formasi tiga bek Guardiola di laga ini sukses besar. Manajer asal Spanyol ini mulai melihat peluang untuk mengandalkan formasi ini selama Manchester biru masih diterpa badai cedera.

Seperti dilansir dari Sportskeeda, Guardiola mengungkapkan

“Di babak pertama melawan Sheffield United, kami sebenarnya juga bermain dengan tiga bek di belakang. Bukan hanya di babak kedua. Kami mengubah posisi, namun dengan dasar formasi yang sama.” 

“Kami bisa melakukannya di kemudian hari lagi. Kami menjalankannya dengan sangat baik.”

“Kelima pemain (di belakang) bermain sangat bagus saat menguasai bola. Riyad (Mahrez) juga menerima bola di posisi yang lebih baik dan itu sangat membantu kami.”

Be the first to comment

Leave a Reply