Inilah Format Baru Piala Super Spanyol 2019/2020 Berikut Jadwal Pertandingannya

LigaBola1.com – Piala Super Spanyol 2019/20 akan mulai digelar pekan ini. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, mulai musim ini akan ada sejumlah perubahan dalam penyelenggaraannya.

Baca juga : Spanyol Pecat Pelatih Usai Hajar Rumania 5-0

Inilah Format Baru Piala Super Spanyol 2019/2020 Berikut Jadwal Pertandingannya

Selama ini format Piala Super Spanyol yang dikenal publik yakni mempertemukan juara Liga Spanyol dan juara Copa del Rey di musim sebelumnya. Kompetisi ini biasa dihelat di bulan Agustus menjelang dimulainya musim baru.

Namun mulai tahun ini, format Piala Super Spanyol akan diubah. Piala Super Spanyol 2019/2020 ini akan diikuti empat tim. Keempat peserta tersebut berasal dari dua tim teratas klasemen Liga Spanyol dan dua finalis Copa del Rey musim sebelumnya.

Jika tim yang menjadi finalis Copa del Rey juga menduduki posisi dua besar teratas klasemen Liga Spanyol maka tim yang berada di peringkat berikutnya berhak ambil bagian.

Pada Piala Super Spanyol musim ini, Valensia yang merupakan juara bertahan menjadi satu-satunya wakil dari Copa del Rey. Hal ini dikarenakan Barcelona yang juga finalis Copa del Rey telah mengambil jatah di ajang ini karena berstatus sebagai juara bertahan Liga Spanyol.

Sehingga Real Madrid yang menempati posisi ketiga klasemen Liga Spanyol musim lalu berhak ambil bagian. Satu jatah lagi akan ditempati Atletico Madrid selaku runner-up Liga Spanyol.

Hasil Undian dan Tempat Penyelenggaan

Dari hasil pengundian, Valencia akan menghadapi Real Madrid. Sementara Barcelona akan bertemu Atletico Madrid.

Sistem turnamen ini yakni babak semifinal dan final, yang masing-masing hanya dilangsungkan sekali. Dua tim pemenang semifinal akan bertemu di final. Tak ada final juara ketiga bagi tim yang kalah.

Jadwal turnamen juga berubah tak lagi di bulan Agustus namun diubah ke Januari. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi padatnya jadwal di awal musim, di mana klub-klub sedang mempersiapkan diri menyambut musim baru.

Piala Super Spanyol 2019/20 akan diselenggarakan di Stadion King Abdullah Sports City Jeddah, Arab Saudi. Tak hanya untuk musim ini, Arab Saudi juga akan menjadi penyelenggara untuk dua musim berikutnya.

Jadwal Pertandingan Piala Super Spanyol 2019/2020: 

Semifinal

  • Valencia vs Real Madrid (Kamis (9/1/2020) pukul 02.00 dini hari WIB)
  • Barcelona vs Atletico Madrid (Jumat (10/1/2020) pukul 02.00 dini hari WIB)

Final

  • Pemenang semifinal A vs Pemenang semifinal B (Senin (13/1/2020) pukul 01.00 dini hari WIB)

Be the first to comment

Leave a Reply