Inilah 10 Klub Bola dengan Pendapatan Terbesar di Dunia

LigaBola1.com – Barcelona kini menyandang status sebagai tim dengan pendapatan terbesar di dunia. Mereka berhasil menggusur posisi yang dulu ditempati Real Madrid.

Baca juga : Mengulik Siapa Quique Setien Pelatih Baru Barcelona

Inilah 10 Klub Bola dengan Pendapatan Terbesar di Dunia

The Deloitte’s Football Money League telah merilis daftar klub dengan pendapatan terbesar di dunia. Daftar ini disusun berdasarkan hasil laporan keuangan klub sepanjang musim 2018/2019.

Dengan pendapatan mencapai 741,1 juta poundsterling (Rp 12,1 triliun), Barcelona berada di posisi teratas. Madrid dengan pendapatan sebesar 667,5 juta poundsterling (Rp 11,8 triliun) terpaksa harus legowo digeser ke peringkat kedua oleh rivalnya itu.

Barcelona yang kini tak lagi bergantung pada pemasukan dari hak siar televisi sukses meningkatkan pendapatannya. Mereka dinilai jeli dalam merespon pasar dengan baik.

Dikutip dari BBC, Dan Jones rekanan dari Sports Business Group di Deloitte mengatakan

“Barcelona adalah sebuah contoh jelas dari sebuah klub yang mampu beradaptasi dengan perubahan iklim di pasaran. Mereka mengurangi ketergantungan pada pendapatan lewat hak siar dan fokus untuk meningkatkan pendapatan mereka dengan kontrol yang baik.”

Yang mengejutkan adalah Manchester United. Meski penampilan mereka di musim ini sangat mengecewakan bahkan gagal lolos ke Liga Champions, namun jangan salah, pendapatan mereka tak mengalami perubahan. MU sukses mengumpulkan 627,1 juta pounds (11,1 triliun rupiah) dan bertahan duduk di posisi ketiga.

Liverpool yang tampil mengesankan dengan rekor invinciblenya di musim ini, hanya mampu berada di peringkat ke-7. The Reds meraup keuntungan sebesar 533 juta pounds (9,8 triliun rupiah).

Juventus menjadi satu-satunya tim dari Liga Italia yang berada di sepuluh besar. Bianconeri menempati peringkat ke-10. Kedatangan Cristiano Ronaldo punya peran besar membuat mereka meraih pendapatan 405,2 juta pounds (7,1 triliun rupiah).

Berikut adalah 10 tim dengan pendapatan terbesar versi The Deloitte’s Football Money League :

  1. Barcelona (741,1 juta pounds)
  2. Real Madrid (667,5 juta pounds)
  3. Manchester United (627,1 juta pounds)
  4. Bayern Munich (581,8 juta pounds)
  5. Paris Saint Germain (560,5 juta pounds)
  6. Manchester City (538,2 juta pounds)
  7. Liverpool (533 juta pounds)
  8. Tottenham Hotspur (459,3 juta pounds)
  9. Chelsea (452,2 juta pounds)
  10. Juventus (405,2 juta pounds)

Be the first to comment

Leave a Reply