Mengulik Siapa Quique Setien Pelatih Baru Barcelona

LigaBola1.com – Barcelona akhirnya benar-benar memecat Ernesto Valverde dari kursi manager tim. Barca resmi mengumumkan menghentikan kontrak Valverde pasca Blaugrana tampil inkonsisten di musim ini. Dan mereka menunjuk Quique Setien sebagai penggantinya. Bagaimana sepak terjangnya di dunia sepakbola ?

Baca juga : Pep Guardiola dan Andreas Iniesta Kritik Kebijakan Barcelona yang Akan Depak Valverde

Mengulik Siapa Quique Setien Pelatih Baru Barcelona

Spekulasi pengganti Valverde terjawab sudah. Entah apa yang merasuki Barca sehingga menjatuhkan pilihan ke Quique Setien mantan pelatih Real Betis. Pria asal Spanyol itu diikat kontrak bersama Los Cules sampai 30 Juni 2022. Pria yang lahir 27 September 1958 ini tak punya riwayat karier yang gemilang untuk menangani tim sebesar Barcelona. 

Dalam karier kepelatihannya, Setein hanya melatih tim papan tengah dan tim Divisi Segunda. Karir pelatih 61 tahun ini hanya berkutat di Las Palma, Real Betis, Lugo, dan Racing Santander. Ia juga pernah membesut tim nasional Guinea Equator.

Barca Gagal Rayu Xavi, Koeman dan Pochettino

Barcelona sukses bikin kejutan. Sejak rumor pemecatan Valverde mengemuka banyak nama pelatih top yang dikaitkan dengan klub raksasa Spanyol ini. Sebut saja mantan bintang Barcelona Xavi Hernandez, pelatih Timnas Belanda Ronald Keoman dan mantan pelatih Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino.

Namun ketiganya menolak rayuan Barcelona. Mereka tak ingin menggantikan Valverde di tengah musim karena ketiganya menilai tak bisa mempersiapkan tim dengan maksimal sejak awal musim.

Jejak Karier Setien di Dunia Bola

Setien pernah aktif bermain sebagai pemain profesional di beberapa klub Spanyol sepanjang periode 1977-1985. Sebagai pemain, Setien pernah berseragam Racing Santander, Atletico Madrid, Logrones, dan Levante.

Ia memulai karier kepelatihannya pada 2001 kala membesut mantan klubnya, Racing Santander. Selain Santander, Setien pernah melatih Poli Ejido, timnas Guinea Khatulistiwa, Logrono, Lugo, Las Palmas, Real Betis.

Barcelona menjadi tim kedelapan yang diasuh Setien sepanjang kariernya. Sebagai pelatih, Setien sudah tujuh kali menghadapi Barcelona dengan rekor enam kalah dan sekali menang. Dan mirisnya, sebagai pelatih, Setien belum pernah memenangi trofi bergengsi mana pun.

Cocok dengan Filosofi Barcelona dan Mengidolakan Lionel Messi

Bergabung dengan Barcelona adalah mimpi Setien sejak lama. Meski bukan mantan pemain, dia merasa punya kedekatan dengan Barcelona. Dia ternyata adalah pengagum filosofi permainan Los Cules yang dibentuk oleh sang legenda, Johan Cruyff, dan banyak terinspirasi dari ide-idenya.

Tak hanya itu, Setien ternyata adalah seorang pengagum berat bintang Barcelona Lionel Messi. Dalam suatu waktu kala Barcelona masih ditangani Pep Guardiola, Setien mendapatkan undangan untuk menyaksikan Messi dkk latihan. Itulah pertama kalinya Setien bertemu secara langsung dengan Messi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan