Valverde Dipecat, Ini yang Pertama dalam 17 Tahun Terakhir Bagi Barcelona

LigaBola1.com – Barcelona resmi memecat Ernesto Valverde sebagai pelatih pada Selasa (14/1/2020) dini hari WIB. Valverde menjadi pelatih pertama yang diberhentikan dalam 17 tahun terakhir.

Baca juga : Mengulik Siapa Quique Setien Pelatih Baru Barcelona

Valverde Dipecat, Ini yang Pertama dalam 17 Tahun Terakhir Bagi Barcelona

Keputusan pemecatan Valverde diambil oleh managemen klub hanya selang beberapa jam setelah Atletico Madrid berhasil menyingkirkan Barcelona 2-1 di semifinal Piala Super Spanyol. Entrenador berusia 55 tahun itu didepak lebih awal dari kontrak yang seharusnya akan berakhir pada musim panas 2020 mendatang.

Kursi Valverde sebagai manager tim sempat beberapa kali digoyang. Para fans mengkritik penampilan Barcelona yang buruk dalam satu tahun belakangan ini. Setiap kali Barca gagal memenangkan pertandingan, tekanan untuk segera memecat Valverde pun mengemuka.

Seperti dilansir dari AS, pemecatan Valverde ini menandai pemecatan pelatih pertama yang dilakukan Barca dalam 17 tahun. Pelatih terakhir yang didepak Barcelona adalah Louis van Gaal pada 26 Januari 2003.

Kondisi Barcelona saat ditangani Van Gaal bisa dibilang sangat parah. Barca hanya menempati urutan 12 klasemen Liga Spanyol, hanya berjarak 3 poin dari zona degradasi. Blaugrana terpaut 20 poin dari Real Sociedad yang kala itu memuncaki klasemen. Tragisnya lagi, Barcelona juga sudah tersingkir dari Copa del Rey usai dieliminasi Novelda.

Radomir Antic, pelatih asal Serbia ini kemudian ditunjuk untuk menggantikan Van Gaal di sisa musim. Sejak saat itu, setiap pelatih Barcelona pergi hingga masa kontraknya berakhir, di mulai dari Frank Rijkaard lalu Pep Guardiola, dan Luis Enrique.

Sedangkan Tito Vilanova dan Gerardo Martino sama-sama mengundurkan diri, sebelum kursi pelatih Barca diduduki Valverde pada Mei 2017. 

Be the first to comment

Leave a Reply