Wasit Liga Inggris Sekarang Wajib Sering Lihat Monitor VAR

LigaBola1.com – Wasit di Inggris tak akan lagi bergantung pada wasit VAR. Mereka sekarang diharuskan untuk melihat langsung layar monitor di pinggir lapangan jika meninjau VAR.

Baca juga : Pernyataan Resmi Premier League Mengenai Handball Trent Alexander-Arnold dan Berikut Pengakuan Trent

Wasit Liga Inggris Sekarang Wajib Sering Lihat Monitor VAR

Di kompetisi bola Inggris, wasit sangat jarang meninjau suatu kejadian di lapangan dengan langsung melihat ke layar monitor VAR (Video Assistant Refeere) yang ada di pinggir lapangan. Mereka sepenuhnya hanya bergantung penuh pada keputusan wasit VAR.

Hal inilah yang membuat wasit kerap kali mengambil keputusan tanpa melihat langsung apa yang terjadi lewat rekaman VAR di layar monitor. Kondisi ini membuat sebagian tim ada yang diuntungkan dan banyak tim yang malah dirugikan.

Menurut catatan, wasit Inggris hanya sekali melihat layar monitor VAR yakni saat wasit Michael Oliver mengganjar kartu merah Luka Milivojevic pada laga antara Crystal Palace kontra Derby Coutry di Piala FA.

Insiden yang terbaru adalah kartu merah yang didapat pemain Arsenal Pierre Emerick-Aubameyang. Pada laga Crystal Palace vs Arsenal, Aubameyang melakukan pelanggaran kepada Max Meyer.

Pertama tanpa melihat monitor VAR, wasit Paul Tierney hanya memberi kartu kuning. Namun setelah diprotes pemain lain, Tierney pun baru kemudian melihat rekaman VAR. Aubameyang pun terbukti melakukan tekel keras dan kemudian mengganjarnya dengan kartu merah.

Seperti dikutip dari BBC, kejadian tersebut membuat Badan Wasit Liga Inggris (PGMOL) diberitakan segera membuat aturan terkait penggunaan layar monitor VAR di pinggir lapangan. Para pengadil nantinya diwajibkan melihat monitor di pinggir lapangan jika ada insiden yang berpotensi kartu merah.

Tentu hal ini membuat banyak pihak merasa lega. Pep Guardiola, manager Manchester City pun menilai jika PGMOL telah mengambil langkah yang benar.

“Ini adalah langkah positif. Wasit akan mengambil tanggung jawabnya sendiri. Saya suka itu.”

Be the first to comment

Leave a Reply