Babak Baru Drama Barcelona Dimulai, Kursi Quique Setien Mulai Panas

LigaBola1.com – Barcelona sudah melakoni tiga kali pertandingan semenjak ditangani pelatih baru Quique Setien. Pada saat melawan Granada dan Ibiza mereka berhasil memenangkan pertandingan, namun pada laga ketiga mereka harus dipermalukan Valencia. Babak baru drama Barcelona pun dimulai dan kursi Setien mulai panas akibat kegagalan di laga ketiga itu.

Baca juga : Quequi Setien Datang Barcelona Ambyar ?

Babak Baru Drama Barcelona Dimulai, Kursi Quique Setien Mulai Panas

Quique Setien baru saja ditunjuk sebagai pelatih baru menggantikan Ernesto Valverde yang dipecat pasca kegagalan di ajang Supercoppa de Espana. 

Pada debut pertama Setien bersama Blaugrana, mereka menang tipis 1-0 saat kontra Granada berkat gol semata wayang yang dicetak Lionel Messi. Dan di laga kedua, Barca juga menang 2-1 dan kali ini Antione Griezmann berhasil memborong dua gol. Tapi Barca kalah di laga ketiga setelah dihajar 0-2 dan berhasil dipermalukan di kandang Valencia. 

Pemain Gagal Paham

Kedatangan Setien ke Camp Nou diharapkan membawa perubahan baru bagi skuatnya. Pelatih 61 tahun ini bertekad ingin membawa kembali ke gaya Barcelona yakni tampil dominan dan menyerang yang selama ini menjadi ciri khas klub.

Dalam tiga pertandingan, Barcelona memang berhasil mendominasi permainan, mereka pun juga tampil menyerang. Namun sayang, serangan itu belum membuahkan hasil yang maksimal. 

Jurnalis Marca, Luis F. Rojo, berpendapat bahwa pendekatan yang coba diterapkan Quique Setien belum mampu dipahami dengan baik oleh para pemain. Kondisi inilah yang membuat Barcelona belum mampu tampil maksimal pada tiga laga. Dia menuliskan,

“Setien menyatakan bahwa para pemain tidak cukup memahami pendekatannya dan peran yang dia inginkan untuk mereka mainkan.”

Namun, Luis F. Rojo juga memberi kritik keras kepada beberapa keputusan Quique Setien. Salah satunya kegagalan membangun lini belakang yang solid. Laga kontra Ibiza dan Valencia menjadi buktinya.

Beberapa Kesalahan Setien

Masih menurut Luis F. Rojo, kesalahan pertama yang dilakukan Setien adalah pada lini pertahanan yakni dengan menurunkan Samuel Umtiti. Padahal di posisi itu ada Clement Lenglet yang bisa berduet dengan Gerard Pique.

Tak hanya itu, dia juga mengritisi keputusan Quique Setien memainkan Sergi Roberto sebagai bek tengah pada formasi 3-1-4-2 racikannya.

Quique Setien juga dianggap terlalu bergantung pada performa pemain secara individu. Sejauh ini, ada dua pemain dengan peran yang sangat vital yakni Lionel Messi dan Marc-Andre ter Stegen. Luis menulis,

“Keputusan memainkan Samuel Umtiti sejak menit awal dan bukan Clement Lenglet pada laga di Mestalla tidak bekerja dengan baik. Umtiti membuat kesalahan di pertahanan.”

“Sergi Roberto tidak pernah menjadi bek yang hebat.”

“Barcelona menjadi terlalu bergantung pada kecemerlangan Marc-Andre ter Stegen di gawang, dan Lionel Messi dalam serangan.”

Barcelona Bukan Real Betis

Satu hal yang sangat perlu diingat oleh Quique Setien yakni Barcelona bukanlah Real Betis. Satu kesalahan bisa membawa dampak yang sangat serius bagi klub.

Masa depan Setien di Camp Nou bakal dipertaruhkan, dia tidak punya banyak waktu untuk melakukan pembenahan pada skuad Barcelona.

“Siapa pun yang bersalah, masalah utamanya adalah Barcelona tidak memanfaatkan bola dengan maksimal dan mengoper bola tanpa tujuan [gol],” 

“Agar semua perubahan ini berhasil, Quique Setien perlu diberi waktu, tetapi inilah yang tidak dimiliki seseorang di Camp Nou, khususnya ketika Real Madrid mengalami kebangkitan bersama Zinedine Zidane.” 

Rival abadi Barcelona yakni Real Madrid tampil menyakinkan bersama Zinedine Zidane. Mereka terus melaju kencang di Liga Spanyol dan meraih kemenangan di lima laga terakhir dan hanya kebobolan satu gol saja. Ini patut diwaspadai Barcelona.

Be the first to comment

Leave a Reply