Inilah Kunci Kemenangan Barcelona Sukses Hajar Leganes 5-0

barcelona

LigaBola1.com – Barcelona pesta gol ke gawang Leganes, mereka menang telak dengan skor 5-0. Keputusan Quique Setien mengubah formasi permainan merupakan kunci sukses kemenangan itu.

Baca juga : Babak Baru Drama Barcelona Dimulai, Kursi Quique Setien Mulai Panas

Inilah Kunci Kemenangan Barcelona Sukses Hajar Leganes 5-0

Pada pertandingan babak 16 besar Copa del Rey, Jumat (31/1/2020) Barcelona menjamu Leganes di Camp Nuo. Tuan rumah berhasil unggul dibabak pertama dengan dua gol sekaligus lewat tendangan Antoine Griezmann dan Clement Lenglet.

Unggul dua gol di babak pertama, tak membuat Barcelona mengendurkan serangan. Mereka semakin menjadi, alhasil Lionel Messi berhasil menjebol gawang Leganes dua kali dan satu gol lagi dicetak Arthur Melo. Laga ini juga merupakan kemenangan ke-500 bagi Messi.

Kemenangan ini membuat Barcelona lolos maju ke babak perempat final bersama Real Madrid yang terlebih dulu menang atas Real Zaragoza juga dengan skor telak 4-0.

Formasi 4-3-3

Pada tiga pertandingan sebelumnya, Quique Setien memutuskan untuk memainkan formasi 3-1-4-2. Jelas formasi ini tidak lazim digunakan Barcelona selama ini, tak hanya itu Setien juga melakukan perombakan susunan pemain. Hasilnya, Barcelona menang dua kali dan satu kali kalah.

Namun pada laga kontra Leganes, Setien memainkan formasi 4-3-3 yang selama ini menjadi ciri khas dari Barca. Keputusan kembali ke formasi 4-3-3 diakui para pemain Barcelona menjadi faktor kunci kemenangan besar di laga ini.

Dikutip dari Marca, Lenglet mengatakan pemain Barcelona masih dalam tahap adaptasi dengan ide yang coba diterapkan Quique Setien.

“Hari ini, saya merasa bahwa dengan empat pemain bertahan kami memainkan laga yang sangat lengkap. Kami telah melihat Barcelona yang klinis.”

“Kami sudah berada di jalur yang benar. Formasi bermain akan tergantung pada situasi permainan dan lawannya.”

Pemain Harus Cepat Belajar

Sependapat dengan Lenglet, Nelson Semedo juga mengatakan bahwa para pemain Barcelona hanya butuh waktu untuk belajar dan mengerti apa yang diinginkan Quique Setien. Sayangnya, mereka tidak punya banyak waktu untuk belajar karena jadwal pertandingan sangat padat.

“Kami akan berupaya untuk mengerti gagasan pelatih secepat mungkin. Saya merasa makin baik setiap kali bermain. Kami harus menang dan hari ini kami juga mencetak gol cepat. Kami kemudian mematikan laga di babak kedua.” 

Sejak direkrut pertengahan Januari lalu, Setien telah melakoni empat kali pertandingan. Hasilnya, tiga kali menang dan satu kali kalah. Dalam empat pertandingan itu, Barcelona mencetak delapan gol dan kebobolan tiga gol.

Be the first to comment

Leave a Reply