Rui Pinto, Hacker yang Bikin Manchester City Ambyar !

LigaBola1.com – Rui Pinto dianggap sebagai sosok sentral yang bikin Manchester City akhirnya dijatuhi hukuman UEFA. Dia meretas email klub dan membocorkan jutaan dokumen ke media Jerman. Hacker inilah yang sukses bikin The Citizens benar-benar ambyar.

Baca juga : Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Pil Pahit Untuk Manchester City

Rui Pinto, Hacker yang Bikin Manchester City Ambyar !

Manchester City terbukti melanggar Financial Fair Play karena telah memanipulasi data sponsor selama 4 tahun yakni dari musim 2012 hingga 2016. Akibatnya, mereka dikenakan sanksi larangan tampil di kompetisi Eropa selama dua tahun oleh UEFA.

Dalam situs resminya, UEFA memberi pernyataan resmi

“Badan Ajudikasi setelah mempertimbangkan semua bukti, menemukan bahwa Manchester City Football Club melakukan pelanggaran serius terhadap peraturan Lisensi Klub UEFA dan Financial Fair Play. Mereka menggelembungkan pendapatan sponsor dalam laporan keuangan pada rentang 2012 hingga 2016 yang diserahkan ke UEFA.”

Media Jerman, Der Spiegel

Kasus yang menjerat City ini pertama kali diangkat oleh media Jerman, Der Spiegel. Dalam sebuah artikel yang terbit pada 2018 lalu, media ini mengungkapkan pelanggaran yang dilakukan Man City.

Der Spiegel tak sembarangan, karena mempunyai bukti kuat tentang pelanggaran itu. Media ini mendapat bukti dari seorang hacker yang bernama Rui Pinto. Pinto berhasil meretas email resmi milik City dan beberapa klub top Eropa lain. Pada 2015, Pinto pun lantas membuat situs Football Leaks. Di situs inilah dia mengungkapkan hasil temuannya tersebut.

Dikutip dari Der Spiegel, Pinto telah membocorkan sekitar 70 juta dokumen yang diretas dari berbagai klub sejak 2016 kepada mereka. Salah satu yang terungkap dari dokumen tersebut adalah pelanggaran penggelembungan dana sponsor yang dilakukan City.

Menindaklanjuti artikel Der Spiegel tersebut, pihak UEFA menugaskan menugaskan Badan Kontrol Keuangan Klub UEFA (CFCB) melakukan investigasi. Penyelidikan terkait keuangan City dilakukan selama setahun dari 2019 hingga UEFA menjatuhkan sanksi kepada klub milik Sheikh Mansour tersebut.

Pinto Dipenjara

Akibat perbuatannya, Pinto pun dipenjara pada Maret 2019 lalu karena dianggap melakukan pelanggaran privasi.

Namun setelah UEFA resmi memberi hukuman pada City, nama Pinto kembali mencuat. Tagar #FreeRuiPinto pun berseliweran di Twitter sejak Jumat malam lalu. Para netizen menginginkan pria 31 tahun itu dibebaskan dari penjara.

Be the first to comment

Leave a Reply