Pakar Keuangan Sepak Bola Sebut Man City Terancam Didepak dari Premier League

LigaBola1.com – UEFA baru saja mengganjar Manchester City dengan hukuman berat. Mereka dilarang tampil di kompetisi Eropa dan dikenai denda sebesar 30 juta euro (Rp 445 miliar). Namun penderitaan Man City tak cukup disitu, mereka juga terancam dikeluarkan dari premier League.

Baca juga : Segini Besaran Kerugian Finansial Man City Akibat Larangan Tampil di Liga Champions

Pakar Keuangan Sepak Bola Sebut Man City Terancam Didepak dari Premier League

The Citizens dinyatakan bersalah telah melanggar peraturan Financial Fair Play (FFP). Mereka terbukti memalsukan dana sponsor selama 4 tahun yakni di rentang 2012 hingga 2016. Man City tak tinggal diam, mereka mengajukan banding dan membawa kasus ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Kasus pelik yang dihadapi Man City ini ternyata juga menarik perhatian seorang pakar keuangan sepak bola, Mo Chatra. Kepada Give Me Sports, Chatran menjelaskan dengan panjang lebar.

“Sejak berita tentang sanksi Manchester City atas larangan bermain di kompetisi Eropa selama dua tahun dan denda 25 juta pounds oleh UEFA, banyak bermunculan macam-macam konsekuensi yang timbul dari keputusan tersebut. Hukum pidana menjadi satu di antara spekulasi yang belum banyak dimuat media.” 

“Lihat, memalsukan akun/akuntansi palsu adalah pelanggaran pidana di Inggris tepatnya pada bagian 17 dari Theft Act 1968. Jika ada catatan keuangan City yang telah diamandemen atau dipalsukan untuk menyajikan posisi terdistorsi, mereka melanggar hukum.” 

“Untuk menghindari keraguan, saya tidak menyarankan City bersalah atas kasus ini, tetapi jika pernyataan UEFA benar, mungkin saja hukumnya juga telah dilanggar.” 

“Jika City bersalah atas kasus ini, tidak hanya hukuman penjara yang mungkin terjadi, tetapi kemungkinan pengusiran dari Premier League akan tidak terhindarkan.”

Be the first to comment

Leave a Reply