Ederson Lakukan Blunder Dua Kali, Guardiola Tak Mau Menyalahkannya

LigaBola1.com – Derby Manchester pada laga lanjutan Premier League, Manchester United berhasil membungkam Manchester City 2-0 di Old Trafford. Kiper City, Ederson Moraes membuat blunder dua kali sehingga timnya mengalami kekalahan di laga ini. Meski begitu, manajer City Pep Guardiola tak mau menyalahkan.

Baca juga : Jelang Derby Manchester, Statistik MU Unggul, Pep : Kami Fokus !

Ederson Lakukan Blunder Dua Kali, Guardiola Tak Mau Menyalahkannya

Dua gol MU masing-masing dicetak oleh Anthony Martial di menit ke-30 dan Scoot McTominay di menit ke-90+6. Dua gol yang bersarang di gawang City tersebut terjadi karena kecerobohan Ederson.

Dari situasi set-piece, Bruno Fernandes melepaskan tendangan bebas yang diteruskan Anthony Martial dengan sepakan ke arah tiang dekat. Namun, Ederson gagal menahan bola dengan sempurna sehingga bergulir masuk ke gawangnya untuk memberi MU keunggulan 1-0.

Usai menangkap bola, kiper Brasil itu secara ceroboh melempar bola ke area kosong di luar kotak penalti City. McTominay buru-buru mengejar bola. Melihat posisi Ederson yang berdiri jauh dari sarangnya, McTominay tak membuang peluang. 

McTominay melepaskan sepakan kencang jarak jauh yang meluncur deras masuk ke gawang yang kosong sebelum Ederson sempat kembali ke tempatnya. MU unggul 2-0 sekaligus memastikan kemenangannya.

Meski demikian, sepanjang 90 menit bermain, Ederson tercatat membuat 48 sentuhan pada bola. Lebih banyak daripada outfield player City macam Riyad Mahrez (30), Benjamin Mendy (29), dan Sergio Aguero (24).

Sebenarnya penampilan Ederson di laga ini tak buruk-buruk amat. Dia tercatat melakukan penyelamatan sebanyak 4 kali dari total 7 tembakan percobaan MU.

Komentar Pep Guardiola

Kepada Daily Star, Guardiola mengatakan 

“Dia melakukan satu atau dua penyelamatan, dia adalah seorang kiper yang luar biasa.”

“Kesalahan adalah bagian dari permainan. Dia akan bangkit dan dia adalah seorang kiper yang luar biasa.”

Untuk diketahui, Ederson didatangkan ke Etihad Stadium dari Benfica pada musim panas 2017 lalu. Dia menjadi kiper andalan Guardiola dan ikut membantu The Citizens memenangi juara Premier League dua kali. Di musim ini, Ederson membukukan 13 clean sheet dan 27 kali kebobolan dari 31 kali penampilan.

Dari kekalahan ini, Man City bertahan di posisi kedua klasemen Liga Inggris dengan 57 poin. Semakin jauh tertinggal 25 poin dari Liverpool di puncak klasemen.

Be the first to comment

Leave a Reply