Transformasi Jose Mourinho, Kini Sudah Tak Bisa Dikenali

LigaBola1.com – Jose Mourinho kini dinilai sebagai seseorang yang telah bertransformasi menjadi sosok berbeda. Sejak menangani Tottenham Hotspur pada pertengahan musim 2019/20 ini, pelatih asal Portugal itu tidak lagi bisa dikenali. Gaya sepak bolanya berlawanan dengan pamor Mourinho sebagai salah satu pelatih top Eropa.

Baca juga : Baru Dua Bulan, Jose Mourinho Mulai Tak Disukai Pemain Tottenham

Transformasi Jose Mourinho, Kini Sudah Tak Bisa Dikenali

Tanpa Harry Kane, Tottenham benar-benar terseok-seok. Absennya Kane membuat Mourinho mencari alternatif untuk menjaga performa tim, namun sejauh ini masih gagal total.

Paul Merson seorang analis dari Sky Sport, menilai aneh jika Mourinho tak lagi menerapkan taktik defensif yang seharusnya menjadi strategi ampuh untuk mengalahkan lawan. Mourinho yang kini benar-benar berbeda dengan yang dulu, masalahnya berbeda tidak selalu lebih baik. Kepada Sky Sport, Merson mengatakan

“Sepertinya ini bukan Jose Mourinho. Mereka seharusnya mendatangkan pengganti untuk mengatasi cedera Harry Kane, sekarang mereka kesulitan, dan itu tidak sepenuhnya salah Jose. Saya sudah mengikuti dia sepanjang kariernya dan saya sudah pernah melihat dia mengelola tim yang lebih buruk dari ini, tapi masih mampu bertahan dengan baik dan tidak kebobolan.”

Kembali Seperti yang Dulu, Mou

Mungkin Mourinho sedang mencoba mengubah pandangan orang tentang gaya bermain defensif yang selalu menjadi ciri khas timnya. Bahkan dirinya pernah dikritik keras lantaran memaksa Manchester United untuk bermain defensif.

Jika Mou benar-benar mau mencoba hal baru pada Spurs, Merson tak setuju akan hal itu. Dia tahu betul jika Mourinho bisa dengan mudah meningkatkan level permainan Spurs demi kemenangan, bukan demi permainan indah.

“Dia harus kembali menerapkan hal yang benar-benar dia kenal. Dia adalah pelatih bagus yang bisa membuat pemain tampil tangguh di posisi yang seharusnya dan sulit dikalahkan. Saat ini, saya tidak melihat itu di Tottenham. Permainan mereka terlalu terbuka, terlalu mengalir, ini tidak seperti Mourinho. Aku tidak tahu apa yang salah. Saya tahu betul dia bisa dengan mudah meningkatkan pertahanan tim ini supaya tidak mudah kebobolan, dan jika harus kebobolan tidak akan lebih dari satu.”

Be the first to comment

Leave a Reply