Serie A Diundur Hingga 3 Mei Sementara Euro 2020 Gagal Digelar

LigaBola1.com – Serie A dikabarkan tidak akan digelar hingga 3 Mei 2020. Sebagai dampaknya, beberapa pihak menyarankan agar gelaran Euro 2020 juga ditunda agar kompetisi di Eropa bisa menyelesaikan musim 2019/2020. Atau bisa jadi Euro musim ini malah gagal digelar akibat mewabahnya virus corona di Eropa.

Baca juga : Tak Mengindahkan Bahaya Virus Corona, Presiden Inter Milan Ngamuk Kepada Bos Serie A

Serie A Diundur Hingga 3 Mei Sementara Euro 2020 Gagal Digelar

Sejak akhir pekan lalu, gelaran Serie A sudah dihentikan untuk sementara waktu. Dan pertandingan pekan ke-26 menjadi laga terakhir yang dimainkan. Hal ini terkait dengan wabah virus covid-19 yang juga melanda Italia.

Pemerintah Italia diketahui sudah mengambil kebijakan strategi terkait hal itu. Salah satunya adalah memberlakukan perpindahan penduduk antar kota dengan alasan khusus. Selain itu, akses bandara ke beberapa negara juga ditutup.

Hingga berita ini diturunkan, sebanyak 2.650 orang Italia diberitakan sudah positif terjangkit virus ini. Bahkan sudah ada dua pemain bola yang juga positif terjangkit yakni pemain Juventus Daniele Rugani dan pemain Sampdoria, Manolo Gabbiadini.

Kapan Serie A Kembali Digelar?

Hingga saat ini masih belum bisa dipastikan kapan Serie A kembali akan digelar. Ada banyak pertimbangan terkait hal itu. Termasuk jadwal Euro 2020 yang sedianya akan dimulai pada 12 Juni mendatang. Pada laga pembukaan Euro 2020 akan mempertemukan Italia kontra Turki yang dihelat di Roma.

Seperti dikutip dari L’Equipe, pihak UEFA saat ini sedang mempertimbangkan untuk mengundur gelaran EURO 2020 atau bahkan tidak menggelar kompetisi itu untuk musim ini. Dengan begitu, kompetisi di Eropa bisa digelar lebih lama dari periode seharusnya.

Keputusan sementara yang dikeluarkan FIGC (Federasi Sepak Bola Italia) menyebut, jika mereka menunda laga Serie A hingga 3 April mendatang. Namun bisa jadi akan lebih mundur lagi dari tanggal itu, tergantung situasi dan kondisi yang terjadi di Italia.

Sementara itu, salah satu sumber dari Corriere della Serra, menyebut jika FIGC akan mengambil waktu lebih lama dari penundaan itu. Begitu juga dengan kompetisi sepak bola di level lainnya. Dipastikan tidak ada pertandingan sampai 3 Mei 2020 mendatang.

Tentu keputusan ini punya resiko. Sebab, kontrak pemain dan pelatih ada yang habis pada 30 Juni 2020 mendatang. Hal tersebut juga harus menjadi pertimbangan jika sisa musim 2019/2020 dilanjutkan pada 3 Mei 2020 mendatang.

Opsi Play-Off Ditentang Banyak Klub

Sebelumnya, pihak FIGC mengajukan opsi yakni untuk menyelesaikan musim ini lebih cepat dari yang seharusnya. Yakni dengan menggelar laga play-off untuk menentukan juara, zona Eropa dan degradasi.

Namun klub-klub yang sedang bersaing untuk scudetto, promosi dan degradasi diyakini menolak opsi ini. Apalagi, opsi ini juga mengakhiri laga pada pekan ke-26 dan peringkat klasemen dianggap sebagai hasil akhir.

Be the first to comment

Leave a Reply