FIFA Pastikan Tunda Laga Uji Coba Internasional

LigaBola1.com – Sejumlah negara telah mengumumkan pembatalan laga uji coba internasional yang sedianya digelar pada bulan Maret dan April ini. Hal ini kemudian langsung ditindak lanjuti oleh FIFA selaku federasi tertinggi sepak bola dunia. FIFA mengeluarkan pernyataan resmi untuk mengumumkan penundaan laga uji coba internasional itu.

Baca juga : Bundesliga Dihentikan Hingga 2 April 2020

FIFA Pastikan Tunda Laga Uji Coba Internasional

Laga uji coba internasional biasanya digelar pada bulan Maret dan April. Ajang ini dimanfaatkan bagi setiap negara untuk mempersiapkan tim menjelang kompetisi penting. Untuk tahun ini ada EURO 2020 dan Copa America. Namun rencana tersebut harus dibatalkan lantaran semakin menyebarnya virus corona ke sejumlah negara terutama di benua Eropa.

Akibat epidemi virus Covid-19 ini sejumlah negara sudah menyatakan menunda semua kompetisi. Bahkan EURO 2020 juga terancam gagal digelar. Pertandingan uji coba internasional juga sudah dibatalkan sepihak oleh negara bersangkutan.

Uji Coba Internasional Ditunda

Di tengah merebaknya virus corona yang kini sudah mulai menjangkiti para insan sepak bola, Timnas Prancis masih tetap melanjutkan rencana melakukan laga uji coba melawan Ukraina pada akhir Maret dan kontra Finlandia pada awal April mendatang.

Pun demikian dengan Spanyol. Meski menjadi salah satu negara di Eropa dengan kasus corona yang lumayan tinggi, timnas mereka juga tak membatalkan laga uji coba melawan Jerman. Namun mereka sudah membatalkan laga uji coba kontra Belanda yang sedianya digelar akhir Maret nanti.

Namun pertandingan-pertandingan uji coba ini dipastikan batal digelar pasca FIFA mengeluarkan pernyataan resminya terkait pembatalan semua laga uji coba internasional. Dikutip dari FIFA.com, mereka menulis pernyataan resminya

“Kami merekomendasikan semua pertandingan internasional yang sebelumnya dijadwalkan pada bulan maret dan April harus ditunda sampai waktu di mana mereka bisa memiliki lingkungan yang aman dan nyaman, baik untuk pemain maupun publik.”

Pemain Tak perlu Perkuat Timnas Negara Masing-masing

Untuk memperkuat himbauan tersebut, FIFA juga menyatakan bahwa setiap pemain tidak wajib untuk memenuhi panggilan Timnas negara masing-masing dalam waktu dekat ini. Masih lanjut dari kutipan pernyataan resmi FIFA,

“Biro Dewan FIFA telah memutuskan bahwa aturan sepak bola umum yang biasanya mewajibkan klub untuk melepas pemain agar mengikuti laga timnas tidak akan berlaku untuk jendela internasional pada bulan Maret/April. Situasi ini berkembang secara cepat di seluruh dunia dan beragam pembatasan perjalanan internasional telah diberlakukan oleh otoritas publik yang berbeda.” 

Be the first to comment

Leave a Reply