Premier League Tak Perlu Dibatalkan Namun Piala FA Jadi Korban

Piala FA Lanjut 27 Juni

LigaBola1.com – FA secara resmi telah menghentikan sementara ajang Premier League akibat pandemi virus Corona hingga 3 April 2020 mendatang. Namun, tidak ada jaminan kasta tertinggi Liga Inggris ini bisa kembali dilanjutkan setelah tanggal tersebut.

Baca juga : Karren Brady: Tidak Sah, Premier League Harus Dibatalkan, Neil Atkinson : Enak Aja!

Premier League Tak Perlu Dibatalkan Namun Piala FA Jadi Korban

Salah satu opsi yang jelas merugikan Liverpool adalah, membatalkan musim 2019/20. Musim ini yang nota bene sudah berjalan hingga pekan ke-29 hasilnya dianggap tidak sah. Padahal tinggal 2 laga kemenangan lagi, gelar juara Premier League yang sudah ditunggu-tunggu selama 30 tahun dalam genggaman.

Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan. Hal yang sangat mustahil keputusan itu bisa memuaskan semua pihak.

Salah satu pundit sepak bola Inggris, Jermain Jenas pun menawarkan sebuah solusi. Menurutnya, hal yang paling realistis adalah mengorbankan Piala FA demi ‘memberi jalan’ pada Premier League untuk menuntaskan musim ini. Kepada Give me Sport, Jenas mengatakan

“Kita harus melihat dari sudut yang lebih sempit sekarang. Singkirkan kompetisi-kompetisi cup musim ini dan sebisa mungkin selesaikan liga, meski itu berarti harus memundurkan Euro ke 2021. Saya benar-benar merasa bahwa liga-liga domestik adalah yang paling penting. Mustahil memuaskan semua orang, dan cuma 50% dari klub-klub Premier League yang bakal merasa senang jika liga diselesaikan saat ini juga.

“Liverpool bakal kehilangan titel, dan Sheffield United serta Wolves tidak bakal bisa lolos ke Liga Champions. Promosi dari Championship dan degradasi dari Premier League memiliki dampak finansial yang sangat besar, dan itulah kenapa saya bilang bahwa kompetisi-kompetisi cup mungkin harus jadi yang dikorbankan.”

Untuk diketahui, kompetisi cup di Inggris yang sudah tuntas digelar hanyalah Carabao Cup atau AFL Cup. Dan Manchester City dinobatkan sebagai jawara musim ini. 

Sementara Piala FA baru sampai babak perempat final. Keempat partainya adalah Leicester vs Chelsea, Newcastle vs Manchester City, Sheffield United vs Arsenal, dan Norwich City vs Manchester United.

Menurut The Independent, pihak Premier League kabarnya saat ini sedang mempertimbangkan sebuah skenario, mirip dengan solusi yang ditawarkan Jenas. Dalam skenario itu, pertandingan-pertandingan berikutnya bakal tuntas antara Juli dan September 2020 mendatang.

Be the first to comment

Leave a Reply