Inilah 10 Kiper TOP Eropa Musim Ini, Siapa Idolamu?

LigaBola1.com – Kiper adalah salah satu sosok penting dalam sebuah permainan sepak bola. Dialah pahlawan sang penjaga gawang, dia berjuang untuk mengamankan gawang dari kebobolan gol lawan. Dan di musim ini, sejumlah kiper dari berbagai tim Eropa tampil gemilang di semua kompetisi.

Baca juga : Adrian Buat Liverpool Keok, Jan Oblak Pahlawan Atletico

Inilah 10 Kiper TOP Eropa Musim Ini

Keberadaan kiper kadang hanya dipandang sebelah mata. Kontribusinya untuk tim dinilai rendah dibanding pemain lain. Tak hanya itu, jika dia melakukan kesalahan sedikit saja, maka publik akan mengkritiknya habis-habisan. 

Meski demikian aksi penyelamatannya tak jarang juga menuai pujian publik. Bahkan karena performanya yang yahud, ada beberapa kiper yang punya banderol selangit melebihi harga pemain lain.

Squawka telah merangkum 10 kiper top Eropa saat ini (kualitas keseluruhan dipertimbangkan tetapi bobot diberikan untuk tampilan musim ini).

10. Ederson (Manchester City)

Di posisi ke-10 ditempati Ederson. Dia berkontribusi membawa Man City menjadi salah satu tim kuat di Premier League saat ini. Dia membukukan 13 clean sheet di semua kompetisi. Data statistik mencatat jika dia telah melakukan aksi penyelamatan sebesar 67,57 persen di Liga Inggris.

9. David de Gea (Manchester United)

Dalam beberapa hal, De Gea diibaratkan seperti Doctor Strange melawan Thanos di musim 2017/18 lalu. Namun secara keseluruhan, penampilannya masih ok, dia masih menjadi penjaga gawang yang sangat bagus. Namun kesalahan-kesalahan yang dibuatnya akhir-akhir ini membuatnya menuai kritikan.

8. Samir Handanovic (Inter Milan)

Dia kerap dikritik karena performanya yang serampangan dan tidak stabil. Namun jangan salah, di musim ini dia mencatatkan tujuh clean sheet di Serie A dengan persentase penyelamatan sebesar 74,68%. Sebagai kiper sekaligus kapten tim, tak salah jika dirinya dinobatkan sebagai salah satu kiper paling andal Eropa musim ini.

7. Peter Gulacsi (RB Leipzig)

RB Leipzig menjadi tim dengan lini pertahanan terbaik di BundesLiga saat ini. Penampilan Gulacsi cukup ok di musim ini. Dia telah mencatatkan 8 clean sheet dan persentasi penyelamatan sebesar 72,09 persen. 

6. Manuel Neuer (Bayern Munich)

Dirinya sempat dinobatkan sebagai kiper terbaik di dunia. Namun akibat cedera parah, dia harus istirahat lama hingga satu tahun. Saat Manuel Neuer kembali ke lapangan, dia tak sehebat dulu. Meski demikian, penampilannya tak buruk-buruk amat. Dia membukukan 10 clean sheet dan persentase penyelamatan sebesar 69,41 persen.

5. Keylor Navas (PSG)

Akhirnya Paris St Germain memiliki kiper yang bisa diandalkan untuk memperbesar peluang memenangi kompetisi di Eropa. Hingga saat ini Navas tercatat hanya kebobolan 18 gol di ajang Ligue 1, menorehkan 5 clean sheet di ajang Liga Champions dan persentase penyelamatan sebesar 73,13 persen.

4. Marc-André ter Stegen (Barcelona)

Sebuah konsistensi dalam jangka waktu lama pasti akan berbuah manis. Inilah yang terjadi pada Ter Stegen. Dia berhasil tampil gemilang bersama Barcelona. Ibaratnya, dia adalah gabungan kekuatan hebat antara Ederson dan Allison Becker. Jika bola sudah berada di kakinya, dia bak seorang maestro. Dia juga siap duel satu lawan satu dengan striker lawan yang bergerak cepat. Ter Stegen Ter Stegen benar-benar memiliki semuanya, termasuk kemampuan untuk menciptakan gol. Dia mencatatkan 2 assits di musim ini. Tidak ada kiper di lima liga top Eropa yang bisa seperti dirinya.

3. Thibaut Courtois (Real Madrid)

Pendukung Real Madrid selalu mengkambinghitamkan dirinya atas performa buruk Loc Blancos sejak musim 2018/19. Namun, di musim ini dia berhasil bangkit. Dia mencatatkan 12 clean sheet menjadi terbanyak di Liga Spanyol dengan persentase penyelamatan mencapai 74,69 persen.

2. Alisson Becker (Liverpool)

Kiper asal Brasil ini punya postur tubuh besar dan kuat. Dia punya reflek yang kadang tak masuk akal. Dia membukukan persentase penyelamatan sebesar 80,36 persen yang merupakan tertinggi di Liga Inggris.

Musim lalu, dia tampil cemerlang pada leg kedua babak semifinal dan partai final Liga Champions. Dimana ia menyamai rekor jumlah penyelamatan yang dibuat (8) dan berhasil menjaga clean sheet dan menang dalam pertandingan itu.

Baru-baru ini, dia bikin aksi luar biasa untuk Liverpool yakni saat dirinya mengirimkan assist untuk Mohamed Salah dengan menendang bola hampir keseluruh lapangan. Dan assitsnya itu berbuah gol. Hebat!

1. Jan Oblak (Atlético Madrid)

Dia tampil impresif saat melawan Liverpool di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Menghadapi gempuran penyerang Liverpool, aksi-aksi penyelamatan yang dilakukannya menuai pujian.

Atletico membeli Jan Oblak dengan harga yang terbilang murah yakni hanya 16 juta Euro (Rp 264 miliar). Namun sejauh ini, kualitas yang ditunjukkan kiper asal Slovenia ini sungguh luar biasa. Dia memiliki 11 clean sheet di La Liga musim ini setelah kebobolan 21 gol. Tapi yang lebih mengesankan adalah bahwa persentase penyelamatannya sebesar 73,75%.

Jika ditotal jenderal, Jan Oblak telah mencatatkan 99 clean sheet dan sudah kebobolan 115 gol dari 180 penampilan bersama Atletico Madrid. Mampu menyeimbangkan antara kebobolan gol dan clean sheet adalah keajaiban, dan Jan Oblak adalah kiper yang ajaib.

1 Trackback / Pingback

  1. Bayern Munchen Resmi Perpanjang Kontrak Manuel Neuer -

Leave a Reply