Musim Sudah Berjalan 75%, Liverpool Juara? Buku Panduan Premier League Menjawabnya

LigaBola1.com – Media sosial dihebohkan dengan gagasan terkait Premier League. Beberapa hari lalu, muncul isu bahwa ketika musim sudah berjalan 75% maka juara sudah bisa ditentukan dengan melihat hasil klasemen sementara. Ini artinya, Liverpool yang memuncaki klasemen saat ini bisa dikatakan sudah menjadi juara. Eits, tunggu dulu, buku panduan Premier League akan menjawab masalah ini.

Baca juga : Karren Brady: Tidak Sah, Premier League Harus Dibatalkan, Neil Atkinson : Enak Aja!

Musim Sudah Berjalan 75%, Liverpool Juara? Buku Panduan Premier League Menjawabnya

Isu mengenai hal tersebut muncul di saat liga dihentikan sementara akibat pandemi virus corona. Saat ini Premier League ditunda sampai awal April, dengan konsekuensi bisa ditunda lebih lama lagi jika penyebaran virus Covid-19 tak juga mereda. Dan tahukah anda, ternyata gagasan atau opsi tersebut tidak benar.

Seperti yang diberitakan Daily Star, media ini menegaskan bahwa tidak ada aturan resmi yang menyatakan bahwa Premier League sudah bisa disimpulkan jika musim sudah berjalan 75%. 

Isu yang beredar di media sosial itu mengatakan bahwa jika tiga perempat musim sudah dimainkan, liga bisa diakhiri dengan klasemen saat itu. Artinya ada yang jadi juara, ada yang didegradasi, dan ada yang masuk zona Eropa dengan klasemen sekarang.

Meski begitu, satu-satunya peraturan tentang klasemen akhir tertuang dalam peraturan C.11 di buku panduan Premier League yang berbunyi.

“Klub yang berada di puncak klasemen di akhir musim akan menjadi juara liga.”

Sayangnya, buku panduan tersebut pun tidak memberikan penjelasan definitif tentang ‘akhir musim’. Artinya, bisa jadi Premier League berhak memutuskan kapan musim berakhir.

Namun apapun isu atau gagasan atau opsi yang tersebar di dunia maya, keputusan final baru akan dibuat pada pertemuan darurat, yang digelar Kamis (19/3/2020) mendatang.

Berikut beberapa opsi yang kini sedang dipertimbangkan pihak Premier League, EFL, FA, dan perwakilan klub:

  1. Membatalkan musim sepenuhnya
  2. Mengesahkan Liverpool jadi juara dan menghapus degradasi
  3. Menganggap klasemen sementara ini sebagai klasemen akhir
  4. Menutup musim ini, Liverpool jadi juara, tanpa degradasi, dan musim depan jadi 22 klub (plus Leeds dan West Brom).

Be the first to comment

Leave a Reply