Skuat Liverpool Dapat Bantuan Psikologi Untuk Kurangi Stres

Jurgen Klopp: Kemampuan Oxlade-Chamberlain Tak Menurun dan Dia Bukan Pemain yang Buruk!

LigaBola1.com – Gelar juara Premier League 2019/20 tinggal selangkah lagi dalam genggaman Liverpool. Namun, harapan The Reds untuk menggondol gelar bergengsi itu terancam gagal karena mewabahnya Covid-19. Untuk itu, semua pemain Liverpool mendapat bantuan psikologi untuk mengurangi stres akibat ketidakpastian itu.

Baca juga : Musim Sudah Berjalan 75%, Liverpool Juara? Buku Panduan Premier League Menjawabnya

Skuat Liverpool Dapat Bantuan Psikologi Untuk Kurangi Stres

Hanya tinggal 2 laga kemenangan lagi, Liverpool dipastikan menjadi jawara Premier League musim ini. Gelar yang sudah mereka nanti dalam 30 tahun terakhir. Saat ini klub asal Merseyside unggul 25 poin dari Manchester City yang duduk di peringkat kedua.

Namun pandemi Covid-19 berpotensi mengambyarkan mimpi mereka itu. Liga Inggris terpaksa berhenti di pekan ke-29. Premier League ditunda sejak Maret hingga April 2020 mendatang.

Di tengah penundaan liga, muncul isu jika Premier League musim ini akan dibatalkan sepenuhnya jika pandemi virus berbahaya ini tak juga reda. Ini artinya perjuangan Liverpool selama musim 2019/20 untuk meraih juara Premier League tak ada artinya.

Untuk meminimalisir tingkat resiko stres pada pemain, Liverpool memberikan saran kesehatan mental buat seluruh skuatnya. Daily Mail memberitakan, jika psikolog klub yakni Lee Richardson dikabarkan telah memberi bantuan melalui sebuah dokumen berjudul “Kesehatan Mental dan Kesejahteraan”.

Pada dokumen tersebut, ditulis jika keputusan terkait Premier League bukan berada dalam kendali Mohamed Salah dkk. Para pemain lebih diharapkan mampu mengontrol sikap dan menjaga diri di tengah wabah Covid-19.

“Dalam upaya fokus kepada kontrol dan penerimaan sesuatu yang tak bisa dikendalikan, semisal Premier League dan respon pemerintah, kami mendapat kesempatan terbaik untuk melampaui tantangan psikologis. Sebagaimana yang manajer telah katakan sebelumnya, sepakbola bukan hal yang paling penting.”

Tak hanya itu, Richardson juga menyarankan kepada para pemain untuk memulai hari dengan latihan pernafasan yang bertujuan untuk mereduksi stres. Mereka juga disarankan untuk tidak aktif dulu di media sosial dan mengurangi akses berita terkait klub. Selain itu, lebih dekat dengan keluarga adalah cara paling efektif untuk mengurangi stres.

Be the first to comment

Leave a Reply