Sosok yang Menginspirasi Shevchenko Sehingga Bisa Jadi Pelatih Hebat

LigaBola1.com – Tangan dingin Andriy Shevchenko membuat Ukraina tampil luar biasa. Mereka lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 dan yang mencengangkan mereka mampu mengungguli Portugal di babak kualifikasi sehingga Ukraina sukses menjadi juara grup B. Nama Shevchenko menjadi terkenal. Dan ternyata sosok inilah yang menginspirasi sehingga menjadikan pelatih 43 tahun itu pelatih hebat.

Baca juga : Diego Milito: Jose Mourinho Salah Satu Pelatih Terbaik di Dunia

Sosok yang Menginspirasi Shevchenko Sehingga Bisa Jadi Pelatih Hebat

Andriy Shevchenko memutuskan untuk gantung sepatu pada 2012 silam. Sempat mencoba terjun ke dunia politik namun kecintaannya pada sepak bola membuatnya kembali ke dunia yang telah membesarkan namanya itu.

Pada Februari 2016, dia didapuk menjadi asisten pelatih Timnas Ukraina. Hanya dalam waktu 6 bulan saja, Shevchenko akhirnya naik jabatan menjadi pelatih tepatnya pada Juli 2016. Sejauh ini, perjalanan kariernya sebagai pelatih, cukup moncer.

Dikutip dari Footbaal Italia, salah seorang stafnya yakni Andrea Maldera membeberkan terkait sosok yang melatarbelakangi Shevchenko bisa menjadi pelatih jempolan.

Shevchenko adalah mantan pemain AC Milan dan Chelsea. Pernah ditangani pelatih top sekelas Carlo Ancelotti dan Jose Mourinho adalah sebuah modal yang luar biasa. Dia banyak belajar dari kedua pelatih beken itu, terutama Ancelotti. Namun jika dilihat dari gaya kepelatihan dan cara pendekatan permainan, banyak yang bilang jika dia sangat mirip dengan mantan pelatih Juventus dan Milan, Massimiliano Allegri.

“Shevchenko belajar banyak dari pelatih yang dulu pernah menanganinya. Dan Carlo Ancelotti adalah mentor sesungguhnya. Dia sangat teliti hingga ke hal-hal yang detail ketika mempersiapkan tim menuju pertandingan dan memantau perkembangan setiap pemain.”

“Shevchenco pelatih yang cerdas, sama seperti Massimiliano Allegri. Dia mampu membaca pertandingan, antisipatif terhadap apa yang akan terjadi, juga tahu soal kapan waktunya untuk menunggu dan bertahan atau menyerang total.”

Kini Shevchenco sedang mengincar klub-klub Premier League atau Serie A untuk meneruskan karier berikutnya.

Be the first to comment

Leave a Reply