Aturan Baru Handball dan VAR akan Mulai Diterapkan Musim Depan

LigaBola1.com – International Football Association Board (IFAB) atau asosiasi pembuat hukum/aturan sepakbola, telah menerbitkan aturan baru dalam pertandingan yang akan berlaku mulai musim 2020/21. Aturan baru ini mencakup aturan handball dan penggunaan VAR dalam pertandingan.

Baca juga : Arsene Wenger Usul Aturan Offside Diubah

Aturan Baru Handball dan VAR Akan Mulai Diterapkan Musim Depan

Sedianya aturan baru ini akan berlaku mulai 1 Juni 2020, namun melihat kondisi saat ini bisa jadi pemberlakuan aturan baru itu akan mundur. Hal ini karena belum adanya kepastian kapan liga akan kembali berjalan akibat pandemi virus corona yang belum juga mereda.

Dalam situs resmi IFAB, mereka mengeluarkan konsep aturan handball yang lebih jelas. Selama ini masalah handball ini banyak menimbulkan perdebatan karena pemahaman tentang aturan handball sendiri masih rancu. Bunyi pernyataan yang dikeluarkan IFAB sebagai berikut:

“Handball yang dilakukan dengan tidak sengaja oleh pemain saat menyerang hanya akan dianggap pelanggar, jika itu langsung membuahkan gol atau menghasilkan peluang nyata bagi pemain lain untuk menghasilkan gol (setelah handball, bola bergulir dalam jarak dekat atau dalam umpan dengan jumlah sedikit). Untuk menjelaskan lebih detail mengenai pelanggaran handball, batas bola dianggap menyentuh tangan adalah ketika mengenai bagian lengan di bawah ketiak.”

Selain masalah handball, IFAB juga mengeluarkan aturan baru terkait VAR (video assistant referee). Wasit utama harus meninjau pelanggaran terlebih dulu lewat layar kecil di tepi lapangan sebelum meminta VAR mengambil keputusan.

“Jika insiden yang dapat ditinjau secara subjektif, maka wasit akan melakukan on-field review (OFR). Wasit akan melihat cuplikan ulang kejadian lewat layar ditepi lapangan.”

Selama musim ini bergulir, hal ini jarang dilakukan oleh wasit di Premier League. Mereka kebanyakan langsung meminta VAR untuk membuat keputusan.

1 Trackback / Pingback

  1. Aturan Baru yang Aneh Jika Premier League Musim Ini Dilanjutkan -

Leave a Reply