Dua Bek Tengah Termahal Ini Mana yang Lebih Baik? Virgil van Dijk atau Harry Maguire?

LigaBola1.com – Virgil van Dijk dan Harry Maguire saat ini dinobatkan sebagai bek tengah termahal di dunia. Jika antara kedua bek tangguh di Premier League itu diperbandingkan, mana yang lebih baik?

Baca juga : Harry Maguire: Rio Ferdinand Pemain Bek Top yang Luar Biasa, Aku Ingin Seperti Dia!

Dua Bek Tengah Termahal Ini Mana yang Lebih Baik? Virgil van Dijk atau Harry Maguire?

Liverpool mendatangkan Virgil van Dijk dari Southampton pada Januari 2018 lalu. Tak murah, The Reds harus merogoh kocek hingga 84,5 juta Euro (Rp 1,41 triliun) untuk merekrutnya. Harga tinggi inilah yang membuat Van Dijk dinobatkan menjadi bek termahal di dunia saat itu.

Namun pada Juli 2020, rekor Van Dijk tersebut dipecahkan oleh Harry Maguire. Manchester United membeli Maguire dari Leicester City dengan banderol 87 juta Euro (Rp 1,46 triliun). Gelar bek termahal di dunia pun kini dipegang Maguire.

Performa Individu

Virgil van Dijk telah melakoni 29 pertandingan bersama Liverpool. Pemain asal Belanda tersebut selalu masuk dalam tim utama dan belum pernah digantikan. Catatan van Dijk ini ternyata sama dengan punya Maguire.

Squawka, mengeluarkan data statistik terkait performa kedua pemain top ini, yang bisa dijadikan tolak ukur untuk menilai siapa yang lebih baik. Squawka menyajikan data kemampuan duel dengan lawan kedua bek tengah tersebut di Premier League.

Van Dijk dan Maguire sama-sama melakukan 190 duel dari 29 laga di Premier League. Dari semua duel itu, tingkat kemenangan Virgil van Dijk lebih baik dengan 143 kali menang duel. Sementara Maguire hanya 136 kali menang duel. Rata-rata kemenangan duel Van Dijk ternyata lebih baik dari Maguire. Van Dijk sebesar 75,3 persen dan Maguire 71,6 persen. 

Maguire ternyata unggul karena lebih sering menang duel di kotak penalti dengan 20/33. Sedangkan Van Dijk hanya 24/32. 

Pengaruh Gaya Bermain Tim

Performa baik Van Dijk atau Maguire sangat dipengaruhi oleh gaya bermain tim masing-masing. Hal ini dibuktikan dari grafis statistik yang dihimpun oleh Squawka. Gaya bermain Liverpool cenderung memakai tekanan di wilayah lawan sedangkan Man United lebih sering menunggu untuk melakukan serangan balik.

Van Dijk lebih sering menang jika melakukan duel di area lawan. Pemain 28 tahun itu, mampu mematahkan serangan lawan sebelum mereka memasuki wilayah pertahanan Liverpool. Hal ini berbeda dengan Maguire. Pemain 27 tahun itu lebih sering mengajak duel lawan di wilayah sendiri.

Namun ternyata, catatan James Tarkowski bisa menyamai catatan data statistik mereka berdua. Mana menurut kalian bek tengah terbaik di dunia?

1 Trackback / Pingback

  1. Virgil van Dijk Bek Terbaik Sepanjang Sejarah Premier League -

Leave a Reply