Inilah 5 Pemilik Klub Terkaya di Premier League

Lucien Favre Berpeluang Gantikan Steve Bruce Jadi Pelatih Newcastle United

LigaBola1.com – Tak hanya dimiliki oleh pengusaha asal Inggris, sejumlah klub Premier League diketahui dimiliki oleh pengusaha kaya raya dari berbagai negara. Dari sekian nama pemilik klub, jika dirangking siapa yang menjadi pemilik klub terkaya?

Baca juga: Liverpool, Klub dengan Pengelolaan Terbaik di Inggris Saat Ini

Inilah 5 Pemilik Klub Terkaya di Premier League

Premier League ajang kompetisi sepak bola paling bergengsi di tanah Inggris. Premier League juga merupakan liga paling seru dan paling keras di dunia. Tak heran jika Premier League menjadi sebuah magnet yang menarik siapa saja untuk berinvestasi. Perputaran uang di ajang ini bisa mencapai triliunan rupiah per tahunnya.

Pemilik klub-klub di Premier League sudah tentu adalah orang-orang berduit yang mau merogoh kocek dalam-dalam untuk berinvestasi di salah satu industri sepak bola dunia ini.

Dan berikut ini 5 pemilik klub di Premier League terkaya. Siapa yang layak disebut ‘Sultan’?

Joe Lewis

Pengusaha asli Inggris ini adalah pemilik dari Tottenham Hotspur. Lewis dikenal sebagai pemilik ENIC International dan Tavistock Group. Perusahaan ini bergerak di bidang minyak, gas dan energi hingga logistik serta agrikultur. Sebagai memegang saham terbesar Spurs, dia pun menunjuk Daniel Levy sebagai bos klub asal London Utara saat ini.

Lewis diketahui mempunyai kekayaan mencapai 4,5 miliar poundsterling atau setara Rp 83 triliun. Lewis menduduki peringkat ke-5 dalam daftar pemilik klub terkaya di Premier League.

Shahid Khan

Pengusaha kelahiran Pakistan yang kini berdomisili di Amerika Serikat tersebut, diketahui memiliki usaha spare part kendaraan bermotor skala besar. Tak hanya Fulham, di Amerika, Shahid Khan juga menjadi pemilik tim NFL bernama Jacksonville Jaguars.

Hingga kini, jumlah kekayaan pengusaha berusia 68 tahun tersebut mencapai 5,43 miliar poundsterling/Rp 100,3 triliun. Dia menjadi pemilik klub ke-4 terkaya di Premier League.

Stan Kroenke

Pebisnis asal Amerika Serikat ini merupakan pemilik dari Arsenal. Dia adalah pemilik perusahaan Kroenke Sports and Entertainment. Tak hanya Arsenal, dia juga memegang status kepemilikan klub Major League Soccer (MLS) Colorado Rapids, Los Angeles Rams (NFL), Denver Nuggets (NBA) dan Colorado Avalanche (NHL).

Pada 2020 ini, Kroenke diketahui mempunyai kekayaan sebesar 6,26 miliar poundsterling atau setara Rp 115,7 triliun dan menempatkannya sebagai peringkat ke-3 dalam susunan pemilik klub terkaya di Premier League. Namun sayang, para pendukung The Gunners tak menyukai kepemimpinannya karena Arsenal hanya dijadikan ladang uang. Dia dikenal sangat pelit.

Roman Abramovich

Pebisnis asal Rusia ini adalah pemilik dari Chelsea. Abramovich merupakan salah satu orang yang ikut bertanggungjawab atas inflasi nilai transfer pemain belakangan ini.

Pada 2020, Abramovich diketahui memiliki kekayaan sebesar 7,3 miliar poundsterling atau setara Rp 134,87 triliun. Angka tersebut membuatnya duduk di peringkat ke-2 dalam daftar pemilik klub terkaya Premier League.

Sheikh Mansour

Pemilik Manchester City ini merupakan wakil Perdana Menteri Uni Emirate Arab sekaligus anggota kerajaan Abu Dhabi. Kekayaan Sheikh Mansour kebanyakan berasal dari industri minyak. Namun, ia juga diketahui memiliki beragam investasi dari berbagai bidang. Kesuksesan City yang dicapai sejak 2008 lalu, adalah hasil campur tangannya.

Sheikh Mansour memiliki kekayaan senilai 20 miliar poundsterling atau setara Rp 369,5 triliun. Dengan demikian, ia menjadi pemilik klub Premier League terkaya pada tahun 2020 ini. Dialah pemilik klub Premier League yang pantas menyandang status sebagai ‘sultan’.

Jika Newcastle City benar-benar dibeli oleh Pangeran Salman dari Arab, besar kemungkinan gelar ‘Sultan’ sebagai pemilik klub Premier League terkaya akan dipegang oleh Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi ini. Kita tunggu kelanjutannya.

Be the first to comment

Leave a Reply