Aturan Baru Saat Premier League Kembali Digelar, Pemain Tak Pakai Masker dan Tak Ada Ball Boys

Aturan Baru Saat Premier League Kembali Digelar, Pemain Tak Pakai Masker dan Tak Ada Ball Boys

LigaBola1.com – Rencananya Premier League musim 2019/20 akan kembali lanjut pada 17 Juni mendatang. Akan diterapkan aturan baru saat laga kembali digelar di tengah wabah yang masih belum reda. Pemain tak pakai masker dan tak ada ball boys seperti biasanya.

Baca juga: Jadwal Pertandingan Premier League Hingga Pekan ke-30, Mulai 17 Juni

Pemain Tak Pakai Masker dan Tak Ada Ball Boys

Dilansir dari BBC Sports, pihak EPL tidak mengharuskan pemain dan staf pelatih memakai masker saat berada di stadion. Namun mereka didorong untuk tidak meludah atau membersihkan hidung. Dan yang terpenting, saat melakukan selebrasi gol, para pemain tetap menjaga jarak. 

Saat laga kembali digelar, tidak akan ada lagi anak-anak kecil yang membantu mengambil bola atau kerap disebut ball boys/girls. Bola pengganti akan selalu disterilkan saat akan digunakan.

 Laga antara Aston Villa versus Sheffield United akan emnjadi pertandingan pembuka pada 17 Juni mendatang.

Peraturan ini tentu beda sama Bundesliga. Di Liga Jerman, para pemain dan staf pelatih diharuskan memakai masker saat berada di stadion. Namun masker para pemain boleh dilepas saat bertanding.

Di Liga Inggris, para pemain dan staf pelatih tidak perlu memakai masker baik di ruang ganti atau di bangku cadangan. Namun, untuk official, dokter dan fisioterapi tetap diharuskan memakai masker.

Aturan Baru Saat Premier League Kembali Digelar, Pemain Tak Pakai Masker dan Tak Ada Ball Boys

Sesuai Protokol Kesehatan

Pada pertandingan pertama Kamis mendatang, Premier League mengumumkan jika akan ada mengheningkan cipta selama 1 menit untuk mengenang korban meninggal akibat wabah. Para staf juga akan mengenakan lencana berbentuk hati sebagai simbol kepedulian.

Klub-klub Liga Inggris juga sepakat untuk menerapkan aturan sesuai protokol kesehatan dan operasional pada setiap pertandingan nanti.

Akan ada batasan ketat yang membolehkan penonton masuk dan menyaksikan laga di stadion saat pertandingan. Total hanya akan ada 300 penonton saja di setiap stadion.

Sebelum dan sesudah pertandingan serta saat jeda turun minum, bendera sudut, tiang gawang, papan pengganti dan bola akan selalu dibersihan dan disterilkan. 

Protokol kesehatan juga menganjurkan untuk membatasi penggunaan hotel. Para pemain dan seluruh staf pelatih diharapkan terbang langsung menuju lokasi pertandingan tanpa harus menginap di hotel.

Para pemain dan staf pelatih akan diperiksa suhu tubuh mereka, harus membersihkan tangan terlebih dulu sebelum dan sesudah pertandingan.

Liga akan dilanjutkan pada hari Rabu ketika Aston Villa menjamu Sheffield United pukul 18:00 BST, dengan Manchester City v Arsenal pukul 20:15 BST (berjarak 6 jam dengan WIB/Waktu Indonesia Barat).

Be the first to comment

Leave a Reply