Musim 2019/20 Liverpool Tampil Luar Biasa, Ini Datanya! Mereka Pantas Raih Gelar Premier League

Apa Kata Pengamat Sepakbola Tentang Liverpool-nya Klopp?

LigaBola1.com – Akhirnya dahaga akan gelar juara Premier League yang telah dinanti Liverpool selama 30 tahun, terbayar sudah. Mereka secara mengesankan berhasil dinobatkan sebagai juara Premier League musim ini. Musim 2019/20 Liverpool tampil luar biasa, ini datanya!

Baca juga:ย Liverpool Menang 4-0 Atas Crystal Palace, Roy Hodgson: Selamat, Sebentar Lagi Juara!

Liverpool Tampil Luar Biasa

Dilansir dari Sportskeeda, musim ini Liverpool benar-benar tampil luar biasa. Lini pertahanan mereka begitu solid, lini tengah yang selalu kreatif membangun serangan, plus mematikan di setiap tembakannya. Sungguh sebuah skuat yang hebat.

Kekalahan Manchester City 1-2 oleh Chelsea memang mengejutkan. Bagaimana bisa pasukan Pep Guardiola yang hebat bisa dikalahkan skuat Frank Lampard. Bukan bermaksud mengecilkan kualitas The Blues, namun di atas kertas Man City memang diatas Chelsea. Tapi itulah permainan, apapun bisa terjadi. Dengan kekalahan ini, secara matematis mustahil bagi The Citizens untuk mengejar Liverpool.ย 

Catatan OPTA

Lini Pertahanan yang Dinamis

Sosok Virgil van Dijk menjadi kunci utama bagaimana tangguhnya lini pertahanan Liverpool. Pemain asal Belanda itu, telah melakoni 31 pertandingan Liga Premier di musim ini. Dia adalah satu-satunya pemain The Reds yang bisa melakukannya. Tak hanya itu Van Dijk juga telah membantu mencetak 14 clean sheet dalam liga.

Alisson Becker, penjaga gawang andalan Liverpool ini juga tampil mengesankan. Namun sayang dia sempat dibekap cedera sehingga hanya mampu mencetak clean sheet 2 angka lebih sedikit dari Van Dijk.

Trent Alexander-Arnold, telah memberikan 12 assist di musim ini, sedikit lebih unggul dari Kevin de Bruyne. Selain itu, Andy Robertson mencetak 8 assist di musim ini.

Henderson Pahlawan di Lini Tengah

Peran Jordan Henderson di dalam skuat sungguh penting. Sejak Jurgen Klopp bergabung di Liverpool, frekuensi kemenangan tim menjadi 13 persen lebih baik jika ada Henderson daripada saat dia absen. Dan data berikut, memperlihatkan pengaruh mantan pemain Sunderland itu untuk Liverpool.

Kekalahan memalukan yang diderita Liverpool saat melawan Watford pada Februari 2020 lalu, juga karena absennya Henderson. The Reds kalah 2-0 di laga itu. Henderson telah memainkan 125 pertandingan Liga Premier untuk Klopp, hanya 11 kali kalah. Dalam periode yang sama, Liverpool kalah 10 kali dari 50 pertandingan. Kekalahan itu semua karena absennya Henderson.

Henderson tak pernah menuai pujian seperti pemain yang sering mencetak gol. Namun sosoknya menjadi sangat krusial untuk tim. Berkat kerja kerasnya, pemain bintang Liverpool berhasil mencetak banyak gol. Henderson adalah seorangย  ‘pahlawan tanpa tanda jasa’.

Ancaman Trisula Liverpool

Trio penyerang Liverpool yakni Mohamed Salah, Roberto Firmino dan Sadio Mane amat ditakuti lawan. Mereka adalah salah satu trio penyerang terbaik di dunia.ย 

Mohamed Salah telah mencetak 17 gol dan 7 assist di Premier League musim ini. Dengan torehannya itu, Salah menjadi runner-up top scorer Liga Inggris untuk sementara. Sadio Mane membukukan 15 gol dan 7 assits. Dan Firmino 8 gol dan 7 assist.

Liverpool benar-benar kejam di musim ini. Selisih 23 poin dari Man City di posisi kedua setelah melakoni 31 pertandingan membuktikan bahwa mereka tak mengenal belas kasihan, mereka begitu cemerlang. Pencapaian ini juga merupakan sebuah tingkat konsistensi yang paling efektif yang belum pernah ada di Liga Premier. Masih adakah yang bisa menghentikan Liverpool-nya Klopp?

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Liverpool Menangkan Gelar Liga Lebih Awal, dan Berikut Rekor yang Sama di 5 Divisi Teratas Eropa - LigaBola1.com
  2. Graeme Souness: Trent Alexandre-Arnold Lebih Juos Bermain di Lini Tengah Liverpool - LigaBola1.com

Leave a Reply