Barcelona Tidak Terbukti Melakukan Tindakan Kotor

Barcelona Tidak Terbukti Melakukan Tindakan Kotor

LigaBola1.com – Sebuah investigasi dilakukan untuk mengaudit hubungan antara Blaugrana dengan perusahaan PR I3 Ventures. Investigasi ini dilakukan mulai Februari yang lalu. Dan ternyata, Barcelona tidak terbukti melakukan tindakan kotor.

Baca juga: Skandal Media Sosial, Pendukung Barcelona Minta Presiden Klub Mundur

Barcelona Tidak Terbukti Melakukan Tindakan Kotor

Dilansir dari Sportskeeda, pada Februari lalu muncul klaim bahwa perusahaan Public Relation I3 ventures telah disewa Barcelona untuk mengangkat citra pribadi dari Presiden Barca, Josep Maria Bartomeu di media sosial. Tak hanya itu, perusahaan ini dikabarkan juga menyerang para pemain Barcelona sendiri di media sosial, termasuk sang bintang Lionel Messi.

Namun sebuah laporan hasil audit yang dilakukan oleh PricewaterhouseCoopers (PwC) menemukan bahwa klub tak terbukti melakukan tindakan pencemaran nama baik terhadap siapapun.

Barcelona Tidak Terbukti Melakukan Tindakan Kotor

Melalui situs resmi mereka, Barcelona menulis bahwa “Menjalin kerjasama berbagai layanan terkait pemantauan dan analisis jejaring sosial atas nama FC Barcelona, tidak termasuk tindakan memfitnah yang diarahkan pada pihak ketiga.”

PwC juga tidak menemukan bukti tindakan korupsi dan menetapkan bahwa harga yang dibayar oleh layanan Barca kepada I3 Ventures masih sesuai dengan harga pasar.

Barca Akan Tuntut Si Pelapor

Menanggapi temuan laporan itu, Barca mengatakan: “Dewan Direksi menginstruksikan kepada biro layanan hukum Klub untuk melanjutkan. Dan jika perlu membawa tindakan hukum terhadap mereka yang telah membuat tuduhan palsu dan tidak berdasar. Karena dianggap telah merusak citra lembaga dan mereka yang merupakan bagian dari itu.”

“Isi laporan ini berikut kesimpulannya, juga akan dimajukan dalam proses yang dilakukan terhadap Klub. Hal ini berdasarkan dugaan perilaku yang dijelaskan dan dibantah oleh dokumen ini.”

Barcelona Tidak Terbukti Melakukan Tindakan Kotor

Penggemar Minta Bartomeu Mundur

Skandal di tubuh Barcelona ini mengemuka sejak Februari lalu. Barca sempat diwarnai drama. Perselisihan Messi dengan Eric Abidal dan skandal yang dituduhkan kepada Bartomeu membuat Barcelona memanas.

Saat laga kandang menjamu Eibar di Camp Nou, fans mengibaskan sapu tangan putih ke langit menjelang pertandingan dimulai. Gestur tersebut merupakan bentuk dari rasa kecewa yang merupakan tradisi dalam sepak bola Spanyol.

Teriakan “Bartomeu, mundur,” terdengar dari berbagai sektor di stadion. Untungnya, aksi Lionel Messi mencetak empat gol menyelamatkan muka Bartomeu. Barcelona berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor telak 5-0.

Be the first to comment

Leave a Reply