Pemain Hebat Jack Charlton Meninggal Dunia

Pemain Hebat Jack Charlton Meninggal Dunia

LigaBola1.com – Pemenang Piala Dunia Jack Charlton yang memainkan peran penting dalam kemenangan Timnas Inggris di Piala Dunia 1966, telah meninggal pada usia 85. Pemain hebat Jack Charlton meninggal dunia.

Baca juga: Tak Dipanggil Perkuat Timnas Inggris, Solskjaer Beri Dukungan Kepada Wan-Bissaka

Jack Charlton Meninggal Dunia

Dikutip dari Sportskeeda, Jack Charlton adalah saudara laki-laki dari bintang Manchester United, Bobby. Jack adalah pemain tengah Timnas Inggris yang tak kenal takut, ketika waktu itu pasukan yang dilatih Alf Ramsey memenangkan Piala Dunia di Wembley Stadium dengan skor 4-2 atas Jerman Barat.

Debut internasionalnya datang hanya setahun sebelumnya dia berusia 29 tahun dalam karir sepakbolanya. Dia kemudian memutuskan untuk pensiun di Leeds United. Charlton adalah tokoh penting dalam kebangkitan klub Yorkshire dari divisi dua menjadi salah satu kekuatan dominan di Inggris.

Secara keseluruhan, dia telah mengukir rekor 773 penampilan untuk Leeds selama periode 23 tahun. Jack berkontribusi ikut membantu mereka sukses memenangkan gelar Liga Premier pada tahun 1969 serta Piala FA, Piala Liga dan Piala Fairs dua kali.

Setelah pensiun pada tahun 1973, dia menerima peran sebagai manajer Middlesbrough. Dan pernah memimpin Teessiders ke gelar Divisi II sebelum bermain di Sheffield Wednesday dan klub masa kecilnya Newcastle United.

Pada awal 1986, Charlton diangkat menjadi pelatih Timnas Republik Irlandia. Dan dalam waktu 2 tahun telah berhasil membawa negara itu lolos ke turnamen besar pertama mereka yakni Euro 88.

Pemain Hebat Jack Charlton Meninggal Dunia

Mereka juga lolos ke putaran final Piala Dunia pada tahun 1990 dan dengan luar biasa mencapai babak perempat final. Sebelum akhirnya kalah 1-0 saat bertemu Italia.

4 tahun kemudian atau tepatnya 1994, mereka lolos babak kualifikasi Piala Dunia di Amerika Serikat. Irlandia kembali tampil mengesankan dengan komitmen dan semangat tim mereka dalam perjalanan menuju babak 16 besar.

Setelah gagal lolos ke Euro 1996, saat kalah play-off dari Belanda di Anfield, Charlton mengundurkan diri tak lama kemudian.

Pernyataan Keluarga Charlton

“Jack meninggal dengan tenang pada hari Jumat 10 Juli 2020 pada usia 85. Di rumahnya di Northumberland, dengan keluarganya di sisinya. Selain teman bagi banyak orang, dia adalah suami, ayah, kakek, dan kakek buyut yang sangat disukai.”

“Kita tidak bisa mengungkapkan betapa bangganya kita terhadap kehidupan luar biasa. Kepimpinannya dan kesenangan yang dibawanya kepada begitu banyak orang di berbagai negara dan dari semua lapisan masyarakat.”

“Dia adalah pria yang benar-benar jujur, baik, lucu dan tulus. Yang selalu punya waktu untuk orang. Kehilangannya akan meninggalkan lubang besar di sepanjang hidup kita, tetapi kita berterima kasih atas kenangan indah seumur hidup.”

Be the first to comment

Leave a Reply